Lanjut ke konten
Januari 20, 2013 / sofiansepta92

LAPORAN KEUANGAN

TUGAS BAHASA INDONESIA 2 PERTEMUAN KE 4

Nama              : Muhamad Sofian Septa

Kelas               : 3EB09

NPM               : 24210612

Mata Kuliah  : Bahasa Indonesia 2

 

LAPORAN KEUANGAN

 

  1. A.    Pendahuluan

Dalam dunia akuntansi, laporan keuangan menjadi salah satu hal yang berperan penting dalam menentukan kondisi keuangan suatu perusahaan atau badan usaha. Laporan keuangan merupakan suatu pencatatan laporan mengenai kondisi keuangan suatu perusahaan atau badan usaha selama satu periode. Keseimbangan dalam suatu pelaporan keuangan menjadi bukti berhasilnya laporan keuangan tersebut. Setiap laporan keuangan harus diperiksa oleh seorang auditor dalam menentukan apakah layak atau tidaknya laporan keuangan tersebut diserahkan kepada investor atau pemilik perusahaan. Suatu kemajuan atau kemunduran sebuah perusahaan dapat dilihat dari laporan keuangannya. Berikut ini adalah penjelasan dari laporan keuangan yang saya ketahui :

 

  • Pengertian laporan keuangan

Laporan keuangan adalah sebuah pencatatan informasi keuangan suatu perusahaan pada periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan suatu kinerja perusahaan tersebut. Selain itu laporan keuangan adalah bagian dalam proses pelaporan keuangan suatu perusahaan untuk mengetahui tingkat laba atau rugi yang diterima perusahaan tersebut selama satu periode.

 

  • Unsur-unsur laporan keuangan

Dalam suatu laporan keuangan pasti terdiri dari beberapa unsur-unsur didalam bagian pelaporannya. Unsur yang berkaitan langsung dalam pengukuran setiap laporan keuangan yang terdiri dari laporan laba rugi,laporan perubahan modal,laporan neraca, dan laporan arus kas.

 

  1. Asset/Harta

Asset adalah sesuatu yang dimiliki oleh setiap perusahaan baik berupa lancar dan tetap dan lainnya yang dimanfaatkan perusahaan dalam mengembangkan dan menciptakan suatu produk usahanya dan untuk aktivitas lainnya didalam usaha baik asset sebagai penunjang dan asset utama. Pembagian asset/harta ada 2 yaitu :

  • Harta lancar
  • Harta tetap

 

  1. Kewajiban/Utang

Kewajiban/utang (Liabilities/pasiva) adalah suatu kewajiban membayar kepada pihak lain yang disebabkan oleh transaksi sebelumnya. Berdasarkan jangka waktu pelunasan kewajiban,dibagi dalam tiga kelompok yaitu kewajiban lancer, kewajiban jangka panjang dan, kewajiban lain-lain.

 

  1. Ekuitas/modal

Ekuitas/modal (equity) adalah hak pemilik atas aktiva perusahaan yang merupakan suatu kekayaan bersih (jumlah aktiva dikurangi oleh kewajiban). Ekuitas sendiri terdiri dari setoran pemilik dan sisa laba yang ditahan (retained earning).

 

  • Karakteristik pada laporan keuangan

 

  1. 1.      Relevan

Laporan keuangan dapat dikatakan relevan apabila informasi yang terangkai didalamnya dapat mempengaruhi keputusan pengguna dengan membantu meraka mengevaluasi peristiwa yang terjadi dimasa lalu atau masa kini,dan memprediksi yang akan terjadi di masa depan, serta menegaskan atau mengoreksi kembali hasil evaluasi mereka di masa lalu.

  1. 2.      Keandalan

Informasi dalam laporan keuangan bebas dari pengertian yang menyesatkan dan kesalahan material, menyajikan setiap fakta secara sistemastis, serta dapat diverifikasi. Mungkin informasi relevan,tetapi jika hakikat dan suatu penyajiannya tidak dapat diandalkan maka penggunaan informasi tersebut secara potensial dapat menyesatkan setiap informasi yang keandalannya memenuhi karakteristik berikut : penyajian secara jujur, dapat diverifikasi dengan baik, dan netralitas.

  1. 3.      Dapat dipahami

Informasi yang disajikan dalam laporan keuangan tersebut dapat dipahami oleh user dan dinyatakan kembali dalam bentuk istilah yang disesuaikan dengan batas kemampuan pemahaman para user. Untuk itu user diasumsikan memiliki ilmu pengetahuan yang memadai atas kegiatan dan sebuah lingkungan operasi entitas pelaporan dan adanya kemampuan user untuk mempelajari informasi yang dijelaskan.

 

 

  1. B.     Tujuan laporan keuangan

Tujuan laporan keuangan yaitu untuk mengetahui bagaimana posisi laba atau rugi perusahaan tersebut. Laporan keuangan juga bisa menjadi titik penentuan bagi perusahaan tersebut apakah dalam satu periode perusahaan tersebut mengalami kemajuan atau kemunduran yang dapat dilihat dari posisi laporan laba/rugi dan juga neraca,serta keseimbangan antara total aktiva dan total pasiva kuga menjadi faktor utama      dalam suatu laporan keuangan tersebut.

 

  1. C.    Jenis – jenis laporan keuangan
  • Laporan laba/rugi

Laporan laba/rugi adalah bagian dari laporan keuangan suatu perusahaan yang dihasilkan pada periode akuntansi tertentu yang memperlihatkan unsur-unsur pendapatan usaha dan beban perusahaan tersebut.

  • Laporan perubahan modal

Laporan perubahan modal digunakan untuk mengetahui suatu perubahan modal yang terjadi pada perusahaan tersebut. Laporan perubahan modal dapat dijabarkan dari awal periode ditambah dengan total laba yang didapat perusahaan selama satu periode dan dikurang dengan akhir periode modal perusahaan tersebut.

  • Laporan neraca

Laporan neraca berfungsi untuk mengetahui posisi harta yang dimiliki oleh perusahaan. Laporan neraca ini terdiri dari dua bagian yaitu aktiva dan pasiva. Aktiva memiliki dua bagian yaitu aktiva tetap dan aktiva lancar,sedangkan pasiva terdiri dari kewajiban-kewajiban perusahaan yang harus dibayarkan dan modal perusahaan tersebut.

  • Laporan arus kas

Laporan arus kas digunakan untuk mengetahui posisi kas yang ada diperusahaan.

 

 

 

 

Tinggalkan komentar